free webpage hit counter Cara Membuat Akun SSH Singapore Gratis
Cara Apik

Monday, July 18, 2016

Cara Membuat Akun SSH Singapore Gratis

Harus saya umumkan lebih dulu, saya bukan sedang memberikan tutorial tentang cara membuat akun SSH di server sendiri, tapi di hosting-hosting penyedia server yang ada di internet. Pembuatan akun SSH ini bersifat gratis dengan beragam speed, server, dan ketahanan yang berbeda-beda.
Cara Membuat Akun SSH
Membuat Akun SSH
SSH adalah kepanjangan dari Secure Shell, biasa digunakan untuk tukar data secara aman antar dua perangkat jaringan. Sering juga disebut sebagai SSH Tunneling.

Beberapa manfaat menggunakan akun SSH di antaranya adalah, anda akan memperoleh keamanan data yang anda kirimkan ke server lain. SSH akan memberikan enkripsi terlebih dahulu pada seluruh data yang terbaca, lalu baru menujukannya kepada server lain. Selain itu, SSH memungkinkan anda browsing menggunakan koneksi yang berbeda sesuai dengan server akun SSH yang anda gunakan. Jika anda menggunakan akun SSH server Perancis, maka anda akan dikenal sebagai orang Perancis oleh internet karena menggunakan proxy negara tersebut.

Selain dua manfaat di atas, anda bisa memanfaatkan akun SSH untuk keperluan lain seperti bypass jaringan operator. Namun sudah tentu saya tidak akan  membahas hal ini. Saya hanya akan memaparkan beberapa cara membuat akun SSH.

Sebenarnya anda bisa mendownload sendiri akun SSH, karena banyak yang menyediakannya di situs web-situs web meski itu tidak bertahan lama. Paling lama satu hari, kemudian tewas tidak bisa digunakan lagi. Alangkah baiknya anda membuat akun sendiri, karena bisa bertahan hingga 3-5 hari, tergantung penyedia akun SSH-nya memberikan durasi berapa lama. 
 
Situs-situs pembuatan akun SSH gratis ada banyak, seperti yang saya percayai akan performanya adalah fastssh.com. Yang lainnya juga bagus dan boleh dicoba seperti di createvpn.com, dan masih banyak lagi, silakan googling sendiri.

Langsung saja, saya mulai dengan cara membuat akun SSH gratis di fastssh.com.

1. Buka alamat fastssh.com di browser. Situs ini kepunyaan anak bangsa lho, dengan total akun yang sudah pernah dibuat pada tahun 2016 mencapai 5.400,000+.
Logo Fast SSH
Logo fastssh.com
Di fastssh.com terdapat banyak server SSH seperti di benua Europe (Netherlands, Luxembourg, France, dan Germany), Asia (Japan, Indonesia, Singapore, Hongkong, Vietnam, dan India), North America (Amerika Serikat, dan Kanada). Server dari tiap negara memiliki kualitas yang berbeda-beda.

2. Pilih benua, kemudian negara dari server akun SSH yang ingin anda buat. Katakanlah, anda ingin membuat akun SSH dari negara Singapura. Klik pada benua Asia, kemudian Singapore.
Server Fast SSH
Pilih benua negara Server SSH
Anda boleh pilih server manapun yang anda suka. Tapi, saya pribadi lebih suka server dari Singapura, karena kecepatannya seperti akun SSH premium. Kenceng banget dibanding yang lain, dan itu bukan cuma saya yang berpikiran seperti itu, pasti banyak yang berpikir sama dengan saya.

3. Setelah itu, anda akan disuruh memilih SSH Server. Ada banyak server dari Singapura, seperti Singapore biasa, MCT, DO, GS. Perbedaanya apa? Saya sendiri kurang paham, tapi anda bisa lihat pada deskripsi tiap server terdapat Limit Acc, batas pembuatan akun SSH per harinya yang disediakan oleh pihak fastssh.com. Kita lihat, server dari DO hanya dilimit 25/Day, itu berarti jika pembuatan akun SSH DO per satuannya sudah mencapai 25 pada hari ini, anda hanya bisa membuat akun DO pada keesokan harinya, dan itu jangan sampai keduluan oleh orang lain. Pastikan anda menjadi 25 orang pertama yang mendaftar akun SSH Singapore ini. Alangkah baiknya anda membuatnya dengan segera pada saat pergantian hari, sekitar jam 00.00 WIB.
Screenshot Fast SSH
Pilih Server SSH Singapore
Nah, logikanya, jika Limit Acc lebih sedikit, itu menandakan server tersebut lebih berkualitas dibanding yang Limit Acc-nya lebih banyak. Masuk akal kah? Anda bisa mencobanya sendiri. Saya juga langganan Singapore DO dan kualitasnya memuaskan. Itulah sebabnya server Singapura paling banyak diburu.

Jadi, untuk testimoni saja, anda mungkin bisa memilih server SSH dengan tingkat ketersediaan yang paling besar, mengingat kemungkinan server-server dengan Limit Acc rendah sudah habis stoknya. Pilih Singapore biasa atau yang MCT. Terserah anda.

4. Isi kelengkapan datanya. Anda tinggal memasukkan username dan password sesuai keinginan anda yang nantinya digunakan untuk login akun SSH. Pastikan captcha challenge-nya sudah benar, klik Create Account jika sudah.
Screenshot Fast SSH
Isi kelengkapan data
Jika setelah diklik muncul pesan "username already exists", itu berarti username yang anda ajukan sudah digunakan oleh orang lain, jadi silakan ulangi lagi dengan me-reload halaman dan mengisikan username yang baru dan unik.

5. Jika muncul pesan di bawah ini, berarti akun SSH anda sudah berhasil dibuat. Selamat! Anda sudah berhasil membuat akun SSH di fastssh.com yang bisa anda gunakan selama 3 hari.
Screenshot Fast SSH
Berhasil membuat akun SSH
Itulah cara membuat akun SSH dengan gratis. Oh iya, selain membuatnya secara gratis anda juga bisa membeli akun SSH ke para penjual SSH dengan harga yang beragam. Dulu saya pernah beli akun SSH premium server Singapura dengan durasi pemakaian selama satu bulan. Saya hanya membayar Rp. 20.000 saja via pulsa.

Anda juga bisa membuat akun SSH di situs web penyedia layanan SSH lainnya dengan gratis. Tapi, kita tahu sendiri, biasanya waktu penggunaannya tidak bertahan lama.

Cara Membuat Akun SSH Singapore Gratis Rating: 4.5 Posted by: Alvian Casablancas

1 comments:

  1. Saya udah baca cara membuat akun ssh di atas, terus gimana cara pakainya gan? Mohon dijawab.

    ReplyDelete