free webpage hit counter Cara Agar Batu Akik Cepat Mengkilap
Cara Apik

Wednesday, July 20, 2016

Cara Agar Batu Akik Cepat Mengkilap


Agar Batu Cepat Mengkilap
Batu akik menjadi tren belakangan ini dan diminati banyak kalangan. Tua, muda, bahkan sebagian anak-anak yang ikut kepincut terbawa arus zaman.

Di pasaran terdapat banyak macam batu akik seperti Bulu Macan, Kalimaya, Hijau Garut, Bacan, Giok, Kecubung, Sungai Dareh, dan banyak varian lainnya. Tiap jenis akik bermacam-macam pula harganya.

Harga batu akik dipatok berdasarkan kualitas dan keunikannya. Bahkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta apabila kualitas yang ada pada batu akik itu tinggi.

Salah satu di antara berbagai kriteria agar batu akik dihargai dengan nilai tinggi adalah tingkat gemerlap dari batu akik itu sendiri. Kadang kita menjumpai batu akik ada yang kinclong bak kristal. Nah, batu akik yang mengkilap seperti itu sejatinya banyak dicari sehingga tak heran jika harganya mahal.

Agar bisa membuat batu akik yang mengkilap, anda dapat melakukan beberapa cara. Berikut adalah cara agar batu akik cepat mengkilap dan mengkristal.

Menggunakan Kertas Ampelas

Anda dapat memanfaatkan kertas amplas untuk menggosok permukaan batu akik. Gunakan kertas ampelas yang bertekstur paling halus dan gosokkan pada permukaan batu akik secara satu arah.
Kertas Abrasif Ampelas
KertasAbrasif
Jika dari awal anda menggosoknya ke arah depan, maka lakukan terus ke arah depan. Sebaliknya jika anda menggosok batu akik ke arah belakang, maka gosok terus ke arah belakang. Anda juga boleh menggosoknya dengan cara memutar, tapi tetap konsisten arah putarannya. Jangan berubah-ubah, karena tidak akan memperoleh hasil yang sesuai.

Jika proses mengampelas selesai hingga batu tampak halus, sekarang saatnya menyangling batu akik agar mengkristal dengan menggunakan bambu. 

Menggunakan Bambu

Proses sangling ini adalah untuk memudarkan permukaan batu akik yang tidak halus, sehingga dengan cara ini, batu akik menjadi lebih halus dan cepat mengkristal.
Bambu Tua Akik
Bambu Tua
Gunakan bambu yang berumur. Tampak coklat, dan sudah tua. Jangan gunakan bambu yang muda.

Pertama, cuci bambu dengan air agar bersih tidak ada kotoran. Kemudian gosok batu akik pada permukaan bambu dengan cara yang sama, yaitu satu arah. Lakukan cara sangling di dalam air sambil dibasuh.

Jangan menyangling batu akik terlalu sering. Hal ini dapat mengikis permukaan batu menjadi habis jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Disarankan untuk melakukan proses ini dua kali satu minggu.

Menggunakan Kararas (Daun Pisang)

Cara ini sudah lama diaplikasikan oleh leluhur kita sebagai bangsa Indonesia. Kita bisa menggunakan daun pisang yang kering untuk membuat batu akik jadi mengkilap.
Daun Kararas Gosok Akik
Daun Kararas
Walaupun cara ini terbilang konvensional dan kuno, tapi banyak para penyangling akik yang masih menerapkan cara ini, karena memang ampuh untuk membuat batu akik semakin berkilap.

Nah, langsung saja, setelah proses sangling menggunakan bambu selesai, keringkan akik dengan mengelapnya dengan kain.

Baru setelah itu anda cari daun pisang kering, istilahnya kararas. Sebelum batu akik digosok menggunakan kararas, akan lebih baik jika daun tersebut dipanaskan dengan api supaya tambah kering juga tak berminyak.

Itulah cara jitu agar batu akik cepat mengkilap dan mengkristal. Rupanya sederhana ya? Tapi jangan remehkan batu akik yang mengkilap ya, karena harganya jika dijual bisa mencapai jutaan. Secara estetis batu akik memang indah, tak heran jika banyak yang menyukai bahkan menjadi kolektor.

Cara Agar Batu Akik Cepat Mengkilap Rating: 4.5 Posted by: Alvian Casablancas

0 comments:

Post a Comment