free webpage hit counter Cara Yoga di Rumah Untuk Pemula
Cara Apik

Sunday, July 17, 2016

Cara Yoga di Rumah Untuk Pemula

Cara Yoga di Rumah untuk pemulaBagi anda yang sering mengalami stres, distress, bahkan depresi, ada baiknya anda mulai merilekskan diri anda dengan meditasi yoga. Tapi mungkin anda bingung bagaimana melakukannya sedangkan anda tidak rutin pergi ke klub kebugaran atau menyewa instruktur yoga.

Jangan khawatir, anda bisa melakukan meditasi yoga di rumah anda sendiri tanpa harus keluar rumah. Yoga dipercaya dapat mengurangi stres dan tekanan mental lainnya secara turun temurun. Selain itu, yoga juga populer karena dapat melenturkan badan agar lebih fleksibel dan meningkatkan kebugaran, termasuk daya tahan tubuh.

Berikut ini adalah cara melakukan yoga di rumah untuk pemula
Catatan: Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan yoga di bawah ini sambil mendengarkan lagu meditasi/spa agar mendapatkan ketenangan maksimal dan lebih bisa menghayati. Intinya, buatlah suasana sesejuk dan rileks mungkin.

1. Melakukan Mountain Pose (Pose Gunung)

Yoga di Rumah Mountain Pose
(Source gambar: wolipop.detik.com)
Mountain Pose merupakan pose yang mungkin paling mudah. Lakukan gerakan ini di rumah anda, yaitu dengan berdiri tegap namun jangan tegang. Kemudian kedua telapak tangan menutup dan diposisikan di depan dada seperti posisi berdoa. Bikin kedua kaki sejajar dengan pinggul anda, kemudian tarik nafas dalam dan hembuskan secara lambat. Anda juga boleh melakukan variasi untuk melatih keseimbangan tubuh dengan mengangkat salah satu kaki melipatnya membentuk huruf P. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk melatih stabilitas tubuh dan tentunya ketenangan anda.

2. Upward Hand Pose (Pose Tangan Ke atas)

Yoga di RUmah Upward Hand Pose
(Source gambar: wolipop.detik.com)
Seperti biasa, tarik nafas yang dalam dahulu sebelum melakukan pose. Luruskan kedua tangan anda ke atas dan pertemukan kedua telapak tangan anda. Tarik punggung ke depan sehingga dada menjadi busung untuk melatih kelenturan punggung.

Gerakan ini sangat baik untuk meluruskan punggung anda apabila bungkuk. Ditambah juga, bahu, dada, dan pinggul anda akan meregang karena gerakan tangan ke atas anda, sehingga pada bagian tubuh itu menjadi lebih terlatih ototnya.

3. Standing Forward Bend (Berdiri Melengkung ke Depan)

Yoga Standing Forward Bend
(Source gambar: wolipop.detik.com)
Pertama, berdiri tegap. Tarik napas, kemudian perlahan lengkungkan badan ke depan hingga membungkuk, tangan menggapai permukaan lantai, kepala di antara kedua bahu. Namun, usahakan kaki tetap lurus, jika tidak kuat, boleh agak dilengkungkan.

Gerakan yoga ini memberikan peregangan tubuh bagian belakang yaitu punggung, tulang belikat, betis, dan lainnya. Dengan peregangan ini, aliran darah di bagian tubuh itu akan menjadi lebih lancar.

4. Half-standing Forward Bend (Setengah Melengkung ke Depan)

Yoga Pose Half-standing Forward Bend
(Source gambar: wolipop.detik.com)
Gerakan ini mirip dengan sebelumnya, hanya saja badan dilengkungkan hingga sejajar dengan pinggang saja. Sedangkan kedua tangan tetap lurus ke bawah, jari-jari sampai mata kaki, kepala menghadap lurus. Kaki juga lurus. Tujuan gerakan ini untuk melatih punggung bagian belakang.

5. Plank Pose (Gerakan Push-up)

Yoga Pose Plank Pose
(Source gambar: wolipop.detik.com)
Pose yoga satu ini mirip dengan orang yang hendak push-up. Posisikan diri anda seperti hendak push-up. Luruskan postur garis tubuh dan sejajarkan kedua bahu. Lakukan ini di atas matras, atau tanpa matras juga tidak apa-apa.

Pose yoga ini akan menguatkan bahu dan perut anda. Lakukan gerakan ini dengan santai dan rileks sambil menenangkan pikiran anda.

6. Four-limbed Staff Pose (Pose Kayu Dahan Empat)

Yoga Pose Four-limbed Staff Pose
(Source gambar: wolipop.detik.com)
Hampir sama dengan Plank Pose tapi badan lebih diturunkan. Kedua tangan membentuk siku, sedangkan tubuh lurus hingga ke kaki. Kedua telapak tangan dan jari-jari kaki ditekuk untuk menopang tubuh.

Bahu, perut, dan otot trisep anda akan dilatih kelenturannya sehingga tidak gampang kaku dan keram.

7. Seated-Yoga Pose (Pose Yoga Duduk)

Seated-Yoga Pose
(Source gambar: www.ceritamedan.com)
Gerakan yoga ini merupakan gerakan yoga yang mungkin paling dikenal oleh semua orang. Buatlah posisi bersila dengan tubuh tegap, dada membusung, dan kepala diangkat ke atas agar rileks.

Percaya tidak percaya, gerakan ini melatih anda untuk tahan duduk lama hingga berjam-jam.

8. Back Pain Pose (Pose Sakit Punggung)

Back Pain Yoga Pose
(Source gambar: www.yoganeka.com)
Pose yoga satu ini sangat bagus karena dapat mengurangi punggung pegal linu. Yang harus anda lakukan adalah tidur telentang sambil kaki ditekuk dan diangkat ke atas namun telapak kaki tetap menyentuh tanah.

Nah, untuk hasil yang maksimal, lakukan yoga 4 kali selama satu minggu. Anda dapat melakukan tiap gerakan yoga selama 30 menit.

Cara Yoga di Rumah Untuk Pemula Rating: 4.5 Posted by: Alvian Casablancas

0 comments:

Post a Comment